Friday 4 April 2014

Pendidikan



Pendidikan dipandang mempunyai peranan penting dan besar manfaatnya dalam mencapai keberhasilan perkembangan anak didik. Untuk tercapainya tujuan pendidikan, maka dibutuhkan teori yang menunjuk kepada bentuk asas-asas yang saling berhubungan kepada petunjuk praktis. Di bidang pendidikan, khususnya dalam ilmu kependidikan, keyakinan dimaksud dikenal sebagai hukum atau teori dasar pendidikan (sering dikenal sebagai aliran-aliran dalam pendidikan) yang berupa pemikiran filosofis yang kebenarannya diterima secara apriori maupun teori-teori yang diperoleh atas dasar hasil pengujian. Dalam dunia pendidikan  telah berkembang aliran-aliran pendidikan telah sejak awal hidup manusia, karena setiap kelompok manusia selalu dihadapkan dengan generasi muda keturunannya yang memerlukan pendidikan yang lebih baik dari generasi sebelumnya.
Di Indonesia, penyelenggaraan dan pemikiran tentang pola pendidikan tertentu telah dilaksanakan sejak sebelum kemerdekaan, karenanya banyak teori yang dikemukakan para pemikir yang bermuara pada munculnya berbagai aliran pendidikan. Dapat dijumpai berbagai pandangan atau aliran-aliran mengenai bagaimana  pendidikan memberikan sumbangsinya bagi proses kemajuan manusia. Baik dari peranan yang diberikan pendidikan dalam kehidupan manusia atau bagaimana pembawaan memberikan seseorang pendidikan. Prinsip  pendidikan seyogyanya  dijadikan  acuan  dalam memberikan layanan pendidikan nasional, namun pada prakteknya tidak sedikit pemerintah  dan  masyarakat  belum  berhasil  mewujudkan layanan  pendidikan bermutu  untuk  semua.  Kiranya  diduga  bahwa  banyak  faktor  yang  belum mendukung  sepenuhnya  dalam  menerapkan  prinsip-prinsip  tersebut,  terlebihlebih  di  era  pasca  reformasi.



No comments:

Post a Comment