Pendidikan dipandang mempunyai peranan penting dan
besar manfaatnya dalam mencapai keberhasilan perkembangan anak didik. Untuk
tercapainya tujuan pendidikan, maka dibutuhkan teori yang menunjuk kepada
bentuk asas-asas yang saling berhubungan kepada petunjuk praktis. Di bidang
pendidikan, khususnya dalam ilmu kependidikan, keyakinan dimaksud dikenal
sebagai hukum atau teori dasar pendidikan (sering dikenal sebagai aliran-aliran
dalam pendidikan) yang berupa pemikiran filosofis yang kebenarannya diterima
secara apriori maupun teori-teori yang diperoleh atas dasar hasil pengujian.
Dalam dunia pendidikan telah berkembang aliran-aliran pendidikan telah
sejak awal hidup manusia, karena setiap kelompok manusia selalu dihadapkan
dengan generasi muda keturunannya yang memerlukan pendidikan yang lebih baik
dari generasi sebelumnya.
Di Indonesia,
penyelenggaraan dan pemikiran tentang pola pendidikan tertentu telah
dilaksanakan sejak sebelum kemerdekaan, karenanya banyak teori yang dikemukakan
para pemikir yang bermuara pada munculnya berbagai aliran pendidikan. Dapat
dijumpai berbagai pandangan atau aliran-aliran mengenai bagaimana
pendidikan memberikan sumbangsinya bagi proses kemajuan manusia. Baik dari
peranan yang diberikan pendidikan dalam kehidupan manusia atau bagaimana
pembawaan memberikan seseorang pendidikan. Prinsip pendidikan seyogyanya dijadikan
acuan dalam memberikan layanan pendidikan
nasional, namun pada prakteknya tidak sedikit pemerintah dan
masyarakat belum berhasil
mewujudkan layanan pendidikan
bermutu untuk semua.
Kiranya diduga bahwa
banyak faktor yang
belum mendukung sepenuhnya dalam
menerapkan prinsip-prinsip tersebut,
terlebihlebih di era
pasca reformasi.
No comments:
Post a Comment